Jumat, 27 Januari 2012

Banyak Cara untuk Bersedekah

Kenapa Harus Bersedekah?
1. Perintah Allah
"Dan belanjakanlah (hartabendamu) di jalan Allah, dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan, dan berbuatbaiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuatbaik."(Al-Baqarah [2]:195)

2. Melipatgandakan Rizki
“Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan meperlipatgandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezki) dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan.” (Al-Baqarah [2]:245)

Allah memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah [a]. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang tetap dalam kekafiran, dan selalu berbuat dosa[b].(Al-Baqarah [2]:176)
[a]. Yang dimaksud dengan memusnahkan riba ialah memusnahkan harta itu atau meniadakan berkahnya. Dan yang dimaksud denga menyuburkan sedekah ialah memperkembangkan harta yang telah dikeluarkan sedekahnya atau melipatgandakan berkahnya
[b].Maksudny aialah orang-orang yang menghalalkan riba dan tetap melakukannya.
 
 3. Amal Jariyah 
"Apabila seorang hamba meninggal, maka putuslah amalnya kecuali tiga perkara, yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak shalih yang selalu mendo'akannya."(H.R. Muslim)
 
 
Sedekah itu mudah
 
1. Banyak Jalan untuk Bersedekah
 
Dari Abu Dzar radhiallahu 'anhu, dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam, iaberkata: Sesungguhnya sebagian dari para sahabat Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam berkata kepada Nabi Shallallahu ‘alaihiwaSallam : “Wahai Rasulullah, orang-orang kaya lebih banyak mendapat pahala, mereka mengerjakan shalat sebagaimana kami shalat, mereka berpuasa sebagaimana kami berpuasa, dan mereka bershadaqah dengan kelebihan harta mereka”. Nabi bersabda : “Bukankah Allah telah menjadikan bagi kamu sesuatu untuk bershadaqah ? Sesungguhnya tiap-tiap tasbih adalah shadaqah, tiap-tiap tahmid adalah shadaqah, tiap-tiap tahlil adalah shadaqah, menyuruh kepada kebaikan adalah shadaqah, mencegah kemungkaran adalah shadaqah dan persetubuhan salah seorang di antara kamu (denganistrinya) adalah shadaqah “. Mereka bertanya : “ Waha iRasulullah, apakah (jika) salahseorang di antara kami memenuhi syahwatnya, ia mendapat pahala?” Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam menjawab : “Tahukah engkau jika seseorang memenuhi syahwatnya pada yang haram, dia berdosa, demikian pula jika ia memenuhi syahwatnya itu pada yang halal, ia mendapat pahala”.([H.R. Muslim)

Dari abu musa ra. dari nabi saw, beliau bersabda ; "setiap orang islam itu wajib bersedekah."Salah seorang sahabat bertanya; Bagaimana jika ia tidak mempunya apa-apa  beliau menjawab; "hendaklah ia berbuat  dengan kedua tangannya sehingga hasilnya dapat dimanfaatkan bagi dirinya dan dapat pula untuk disedekahkan " ia bertanya ; "Bagaimana seandanya ia tidak mampu untuk berbuat seperti itu ? beliau menjawab hendaklah ia membantu orang yang sangat membutuhkan bantuannya " ia bertanya lagi bagaimana seandainya ia tidak mampu memberi bantuan ? beliau menjawab; hendaklah menyuruh orang untuk berbuat baik; bagaimana seandainya ia juga tidak mampu berbuat seperti itu ?; hendaklah ia mencegah dirinya dari perbuatan keji, karena mencegah dirinya dari perbuatan keji termasuk sedekah(H.R. Muslim)

Dari jabirra. Ia berkata :rasulullah saw bersabda; seorang muslim yang menanam tananam , kemudian ia makan dari hasil tanaman itu termasuk sedekah baginya, juga bila hasil tanaman itu dicuri atau diambil orang, maka ia termasuk sedekah baginya(H.R. Muslim)

2. Bersedekahlah Sekecil Apapun itu
Dari abuhurairahra, ia berkata ; Rasulullah saw bersabda" wahai kaum muslimah, janganlah sekali-kali seorang tetangga itu merasa terhina untuk memberi sedekah kepada tetangganya, walaupun hanya berupa kikil kambing  (H.R.Bukharidanmuslim)

3.       Jangan Menunda-nunda untuk Beramal
Dari Abu Hurairah R.A. ia berkata  sesungguhnyarasulullah saw iabersabda; bersegaralah kalian beramal sebelum datangnya tujuh perkara
·         apakah kamu menantikan kemiskinan yang dapat melupakan
·         kekayaan yang dapat menimbulkan  kesombongan
·         sakit yang dapat mengendorkan
·         tua renta yang dapatmelemahkan
·         mati yang dapat menyudahi segala-galanya
·         atau menunggu datangnya dajal padahal ia adalah sejelek-jelek sesuatu yang ditunggu
·         atau menunggu datangnya hari kiamat padahalk iamat adalah sesuatu yang amat berat dan amat menakutkan.(H.R.Tarmidzi)

Wallahualambishawab.(RAP)

Referensi:
Al-Qur’an
Al-Hadist

0 komentar:

Posting Komentar